Senin, 27 Februari 2017

10 HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN DESAINER GRAFIS




Seorang Desainer grafis freelance dituntut untuk lebih kreatif dibanding dengan Desainer “Kantoran” karena kita akan menemui banyak klien yang mempunyai keinginan yang berbeda-beda, kita harus mampu memvisualkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

2.    KESEHATAN ADALAH PRIORITAS

Apapun profesi Anda kesehatan adalah hal yang utama, jaga pola kehidupan Anda. Se-kreatif apapun Anda kalau tidak sehat akan menjadi kendala. Luangkan waktu untuk berolah raga atau liburan bersama-sama keluarga ke tempat yang jauh dari polusi seperti puncak, pantai, pegunungan dll.

3.    MEMBUAT BLOG

Jangan menjiplak Blog milik orang lain karena Anda anggap baik, ini sangatlah penting bahwa Blog Anda menunjukan siapa Anda dan apa yang Anda kerjakan. Dengan membuat Blog, Anda memastikan kemampuan Anda kepada calon klien. Dengan Blog Anda dapat mudah dikenali, Anda dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang Anda miliki. Calon klien pun akan lebih yakin dengan pekerjaan yang Anda lakukan dan dapat dengan mudah menghubungi Anda lewat  menu kontak yang ada di Blog.

4.    BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS

Menjadi member sebuah komunitas desain menjadi anjuran yang sangat baik, karena disana Anda akan mengenal banyak orang yang sepaham dengan Anda, ini kesempatan Anda untuk “meng-upgrade” kemampuan Anda, menjalin hubungan dengan sesama member merupakan salah satu kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang di inginkan.

5.    GUNAKAN SOCIAL MEDIA

Menurut saya social media yang paling baik untuk tempat promosi adalah Facebook dan Twiter, dengan member yang begitu banyak Anda dapat saling berinteraksi, tak jarang order desain datang dari Sosial media ini.

6.    MENGATUR WAKTU

Tahu kapan harus memulai dan berhenti, Anda harus mempersiapkan diri untuk bekerja lembur untuk mempertahankan reputasi sebagai Desainer freelance, namun ingat pentingnya bahwa memiliki waktu luang untuk me-refresh pikiran Anda. Semakin Anda memporsir waktu Anda untuk bekerja sekaligus, maka akan semakin kurang produktif yang Anda dapatkan , ingat mengatur waktu kapan Anda harus memulai pekerjaan dan berhenti.

7.    JADILAH PEMBACA

Sudah sangat jelas membaca dapat meningkatkan pengetahuan kita terhadap banyak hal, membaca juga dibutuhkan oleh desainer grafis karena pekerjaan Anda membutuhkan inovasi yang mengikuti perkembangan zaman. Untuk membuat konsep desain dibutuhkan pengetahuan tentang apa saja yang menjadi tren saat ini.

8.    BELAJAR UNTUK MENGATAKAN TIDAK

Jika Anda tidak punya waktu untuk klien lain karena banyaknya pekerjaan yang belum selesai, Anda
bisa mengatakan tidak, ini penting untuk Anda sadari dan memberikan keadilan untuk diri Anda sendiri. Pelayanan terbaik untuk klien adalah sesuatu keharusan, Anda tidak mungkin melayani semua klien dengan waktu yang terbatas.

9.    KEEP CLEAN

Kenyamanan bekerja menjadi poin utama dalam keberhasilan Anda, bayangkan bila tempat Anda kerja kotor, Anda tidak akan merasa nyaman. Ingat berantakan bukan berarti kotor, karena sampai saat ini yang saya rasakan adalah tempat kerja yang berantakan tetapi tidak apa-apa karena berantakan merupakan tanda bahwa Anda orang kreatif.

10.  JADIKAN KESALAHAN SEBAGAI PROSES BELAJAR


Sehebat apa pun Anda kesempatan untuk berbuat salah pasti ada. Sikapi kesalahan dengan bijak, jadikan kesalahan sebagai pembelajaran agar tidak terulang dikemudian hari, lakukan yang terbaik untuk klien Anda. Lakukan hal-hal baru yang tentunya akan menjadikan Anda sebagai desainer grafis yang hebat.
Share:

Lokasi Kami

Facebook Badge

Diberdayakan oleh Blogger.